August 2013

Cara Meningkatkan Performa Mesin Sepeda Motor




Meningkatkan Performa Motor

Performa motor berkurang disebabkan beberapa faktor,antara lain :
-Umur sepeda motor
-Perawatan yang kurang
-Penggantian oli mesin yang tidak teratur
Pasti kawan-kawan tidak heran,kenapa performa sepeda motor baru lebih oke jika dibandingkan dengan sepeda motor lama.ya jelaslah namanya juga motor baru,iyaaaaa to,...ha aaaa.
Seperti penjelasan di atas penyebab berkurangnya performa sepeda motor diantaranya adalah faktor umur, terlebih kurang perawatan dan penggantiaan oli mesin yang tidak teratur,sudah pasti performa nya berkurang,kenapa demikian,...? ya karena pemakaian sepeda motor mempengaruhi keausan komponen mesin itu sendiri,Bagaimana cara meningkatkannya kembali,.....?
Bagi anda yang mempunyai sepeda motor lama,tidak usah khawatir,berikut ini saya akan jelaskan cara meningkatkan performa motor harian. Sebelum anda utak atik motor,perlu diketahui dan diingat,pada postingan saya sebelumnya tentang 3 sebab mesin sepeda motor tidak menyala,sepeda motor dikatakan oke kalau faktor penyebab itu tidak ada masalah.

Beberapa hal yang perlu anda tangani untuk meningkatkan performa sepeda motor harian :

1.Pembesaran Kompresi
Bagaimana caranya untuk memperbesar kompresi,....? Hem....tidak usah bingung-bingung bro,baca aja terus...!
a.Menyekur atau Menyekir ulang klep
b.Bagi mesin motor yang sudah ngobos<motor4tak>,pada knalpot keluar asap putih sebaiknya dikorter ulang,piston/seher lebih besar lebih baik untuk meningkatkan kompresi.

2.Penyetingan Karburator
Sekedar untuk meningkatkan performa motor standard,kita tidak perlu mengganti karburator racing,kita cukup menyetel dan membersihkannya saja,dengan catatan karburator itu masih normal.

3.Pengapian
Pada sistem pengapian tidak perlu mengganti CDI racing selama komponen pengapian masih normal,kita cukup mengecek api busi.
4.Cek Bagian Kopling
a.Kampas Kopling dan Plat Kopling
Cek kondisi kampas kopling dan plat kopling,tidak perlu mengganti kampas kopling racing,ganti yang original pbrik saja untuk stel harian supaya umur kampas kopling standard.
b.Kopling Ganda
Lihat kondisi kampas ganda dan rumah kampas ganda,kalau kita perhatikan rumah kampas ganda yang sudah aus terdapat paritan-paritan,kalau hal ini terjadi kita tidak perlu ganti baru,kita bawa saja kebengkel bubut untuk meratakan paritan-paritan itu.
Lihat kondisi kampas ganda,kalau anda belum pernah ganti sebaiknya ganti baru kampas gandanya saja,tapi ingat jangan langsung dipasang,kita tes dulu masukkan kerumahnya,kita lihat apakah sudah rapat atau longgar.Biasanya kalau rumah kampas gandanya sudah dibubut,biarpun kamas gandanya baru terus langsung dipasang pasti longgar,untuk mengatasi ini kita las ujung dari kampas gandanya tadi,dan pastikan pada saat dipasang tidak longgar dan tidak seret saat diputar.
Kalau beberapa hal ini anda perhatikan dan dijalankan saya pastikan performa motor anda akan kembali,tidak percaya,....? silahkan coba.


Demikianlah penjelasan sedikit dari saya,mudah-mudahan bermanfaat dan menjadikan kita kaya ilmu.Ada salah dan kurangnya mohon maaf.