MESIN SEPEDA MOTOR
Pada umumnya mesin sepeda motor 4tak menggunakan rantai keteng untuk menghubungkan putaran poros engkol / kruck as pada bak mesin dengan noken as pada kop silinder / deksel,tapi ada juga yang menggunakan push rod,seperti pada motor honda CG.Maka pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan,pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara melepas dan memasang kembali rantai keteng.
MELEPAS
langkah pertama untuk melepas rantai keteng adalah mesin harus ditopkan terlebih dahulu,bagaimana caranya ? gampang mas bro,tinggal putar maghnit kekiri sebanyak dua putaran,untuk memudahkan anda melihat tanda top yang harus anda buka :
1.buka tutup tanda top pada bak maghnit, tulisan "T"pada maghnit harus lurus dengan garis/coakan pada bak maghnit.
2.buka tutup gigi/gear timing pada kop silinder,tanda titik pada gear harus lurus dengan garis/coakan pada kop silinder.
3.buka tutup klep,pada posisi top kedua roker arm/templar harus netral / tidak menekan klep.
4.untuk lebih meyakinkan lagi,buka busi dan cek apakah piston berada diatas/TMA,pada posisi top piston harus diatas/TMA.
Setelah anda yakin mesin pada posisi top,barulah anda lepas bak maghnit,maghnit,gear starter dan komponen lain yang ada di bagian bak maghnit.
Kemudian anda lepas baut gear timing pada kop silinder,lepas penekan rantai keteng/otomatis timing.barulah anda lepas rantai keteng
MEMASANG
Kalau anda serius menyimak langkah melepas rantai keteng,pada proses pemasangannya tidaklah sulit,ya tinggal pasang aja dengan catatan anda yakin posisi top mesin tadi tidak berubah.pada proses pemasangan yang harus diperhatikan adalah tanda top,asal anda teliti yakin anda pasti bisa.setelah proses pemasangan rantai keteng selesai,cek setelan klep bila perlu stel klep.
Pemasangan rantai keteng yang tidak pas pada topnya menyebabkan mesin susah dihidupkan,kalaupun bisa hidup,motor akan mrepet/mrebet alias tidak normal.
parahnya lagi klep bisa bengkok.kalau ini terjadi anda harus merelakan uang untuk beli klep baru dan membayar ongkos bengkel.makanya pada proses pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan.jangan asal-asalan,ok kawan.
terimahkasih atas infonya ok.....
ReplyDeleteok bro,sama sama....!
Deletekalo berat di kick stater penyebabnya karena kurang baiknya pemasangan keteng apakah ini pengaruh gan????
ReplyDeletega pengaruh boz,kalo pemasangan keteng tidak benar motor jadi mbrebet itu kalau kurang semata gear,lebih parah lagi klep bisa bengkok.makanya harus benar2 pas,ok boz,...thanks dah mampir
DeleteMantap niH..
ReplyDeleteYg pnya blog bengkel kah..hehe
peace
Saya punya honda tiger lama.
ReplyDeleteKemarin mesinnya saya buka karena rantai ketengnya lepas. Yang jadi permasalahan, perbandingan putaran mesin atas dan bawah berbanding 1 dan 2 (satu kali putaran mesin atas = 2 kali putaran mesin bawah). Dengan demikian, pada saat magnet atau mesin bagian bawah berputar sebanyak 1 kali (360O), maka mesin atas atau gir atas hanya akan brputar 0.5 atau 1/2 putaran (180 derajat) sehingga dari posisi Top – top (Top untuk gir atas dan gir bawah/magnet juga dalam ke adaan top) akan berubah kedudukan menjadi bottom – top (bottom ut gir atas dan top untk magnet/gir bawah).
Hal ini berarti Top bisa saja berpasangan dengan bottom.
Mohon pencerahannya gan.
kurang jelas ya bro,...gini lho...yang dinamakan top adalah seher bearada di TMA,kedua templar bebasklo anda memutar kruck as cuma 1x putaran,ya jlaslah yang terjadi seperti itu.ingat bro motor 4tak melakukan 2x putaran kruck as dan 4x langkah torak/piston dalam kerjanya.klo anda memutar 1x,torak baru melangkah 2x,dan posisi piston masih dibawah,mkanya buka busi dan lihat sudah diatas apa belum.cuma 2 kuncinya mas bro,..lihat piston harus diatas,kedua templar harus bebas.itu baru namanya top.
DeleteOk mas bro. Thx
DeleteUntuk pmasangan keteng mesin gl , megapro,Tanda topnya gimana masbro, magnet pada tanda T, gigi timing noken possinya gimana???? Thanks
ReplyDeletetanda titik gigi timing lurus dengan coakan garis pada kop silinder,pokoknya tegak lurus,ingat bro mesin gl termasuk mesin tegak/berdiri,jadi tanda topnya ya berdiri tegak lurus,mudah2n paham ya,...
Deletethank gan ilmunya bermangpangat bngt ane mau coba2 bongkar cz klep ane bocor...
ReplyDeleteKlo makaknet udh posisi top tpi kelep blm posisi bebas itu gmna cara ngepasinny
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteGan motor saya jupiter 2010,klo mesin dihidupkan tuh ada bunyi tik tik....smakin digas smakin bartambah bunyinya pa itu krna rantai keteng atau apa maslahnya trus solusinya gimana trim gan
ReplyDeletemau nanya dong kl posisi tanda top pada gear suzuki spin disebelah mana ya
ReplyDeleteOm kalo mau pasang sprocket chamshaft ,yng jadi patokan tanda f apa t trus sproketnya posisinya gmn pada motor cs1,mohon bantuan?
ReplyDeletekang saya mau tanya, motor saya suzuki smash nah lampunya ko redup ya, padahal aki, lampu, sama kiprok nya sudah di ganti, tapi ko masih redup kira kira apa penyebabnya?
ReplyDeleteterimakasih
ganti spul magnet nya pakai yang original...klo yang kw arus nya kecil..
DeleteMisi bos.. Besi tua ame gl max neo tech...97...mesin nya bunyi klinting2 kalo rpm sedang ke tinggi...tp pas rpm rendah suara itu hilang..atau halus pas d rpm rendah.... Itu penyakitnya di apanya ya!???...mohon pncerahanya newbie
ReplyDelete.kalau untuk revo gimana gan.!
ReplyDeleteBoz tanya dong, Klo masang magnet ada syarat yg harus diperhatikan, ga?
ReplyDeleteBoz tanya dong, Klo masang magnet ada syarat yg harus diperhatikan, ga?
ReplyDeleteBoz tanya dong, Klo masang magnet ada syarat yg harus diperhatikan, ga?
ReplyDeleteTanya donk maz brow,q pnya motor tiger lama abis turun mesin.kenapa kok di rpm rendah normal2 aja tp kl dah memginjak rpm 7000 ke atas makin brebet ya?trs ukuran standar kerenggangan businya tu brapa?mohon bantauannya...matur suwun
ReplyDeletemohon pencerahanya gan untuk merakit noken as yang benar gimana ya?seperty huruf V terbuka atauterbalik terima kasih
ReplyDeleteJangan lupa bro , ngelepas magnet dan sekat magnetnya itu susah hehe
ReplyDeletevega zr pke piston njmx tanpa gnti blok silender aman gk gan?
ReplyDeleteuntuk artikel lainya bisa di lihatlink di bawah ini
ReplyDelete12 Tips Merawat Mobil Agar Jarang Masuk Bengkel
Arti dan Fungsi Spesifikasi Rantai Pada Sepeda Motor
Cara Melepas dan Merakit Rantai Kenteng / Timing
Cara menaikkan Tenaga Motor
Memberi Oli Pada Lubang Knalpot Benar atau salah?
Penjelasan lengkap Cara Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki
Tips Cara Memperbaiki Motor yang Mbrebet
Tips Sederhana Merawat Knalpot Tetap Kinclong
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKalau pemasangan rantai ketengnya salah...apa saja alat dalam mesin yang akan rusak?
ReplyDeletebos q mw gnti oli teryata yg q lepas bautx salah akhirx yg terlepas jadi cam chain tensionerx bos terus q balikin lgi tpi setelah q hidupin motor saya suarax jadi gk karu karuan bos trus gimana solusix bos plis blz ckrang ya bosss.....?
ReplyDeleteGigi timing jupe 2005 yg di as cruk yg di pakai yng mana ya gan?...karena ada 2 gigi yg nempel di as cruk, tlg infonya
ReplyDeleteKalo brebet bisa jadi dari timmingnya ya bos???soalnya motor saya kalo gasnya ditarik brebet
ReplyDeleteKalo brebet bisa jadi dari timmingnya ya bos???soalnya motor saya kalo gasnya ditarik brebet
ReplyDeletePosisi top motor honda blade robot bgaimna yah mohon bantunnya
ReplyDeleteMakasih
Yang mau kuda kudanya balap Open pen strokes seher dll barang racing harga pelajar invite 547DFCA0
ReplyDeleteMas tanya ding.motor saya klo di bawa samtai.sih nir mal tapi kli di bawa ngebut.malah ngebrebet...padahal karbu pake karbu yang gede...jadi gx mungkin klo ngepos....?...mohin jawababn.y mas...
ReplyDeleteBang tolong juga bang
ReplyDeleteRespect and that i have a swell offer: Where To Start With Whole House Renovation house renovation salary
ReplyDelete