Cara Melepas dan Memasang Rantai Keteng/Timing Sepeda Motor

Cara Melepas dan Memasang Rantai Keteng/Timing Sepeda Motor




MESIN SEPEDA MOTOR


Pada umumnya mesin sepeda motor 4tak menggunakan rantai keteng untuk menghubungkan putaran poros engkol / kruck as pada bak mesin dengan noken as pada kop silinder / deksel,tapi ada juga yang menggunakan push rod,seperti pada motor honda CG.Maka pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan,pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara melepas dan memasang kembali rantai keteng.

MELEPAS

langkah pertama untuk melepas rantai keteng adalah mesin harus ditopkan terlebih dahulu,bagaimana caranya ? gampang mas bro,tinggal putar maghnit kekiri sebanyak dua putaran,untuk memudahkan anda melihat tanda top yang harus anda buka :

1.buka tutup tanda top pada bak maghnit, tulisan "T"pada maghnit harus lurus dengan garis/coakan pada bak maghnit.

2.buka tutup gigi/gear timing pada kop silinder,tanda titik pada gear harus lurus dengan garis/coakan pada kop silinder.

3.buka tutup klep,pada posisi top kedua roker arm/templar harus netral / tidak menekan klep.

4.untuk lebih meyakinkan lagi,buka busi dan cek apakah piston berada diatas/TMA,pada posisi top piston harus diatas/TMA.

Setelah anda yakin mesin pada posisi top,barulah anda lepas bak maghnit,maghnit,gear starter dan komponen lain yang ada di bagian bak maghnit.
Kemudian anda lepas baut gear timing pada kop silinder,lepas penekan rantai keteng/otomatis timing.barulah anda lepas rantai keteng


MEMASANG

Kalau anda serius menyimak langkah melepas rantai keteng,pada proses pemasangannya tidaklah sulit,ya tinggal pasang aja dengan catatan anda yakin posisi top mesin tadi tidak berubah.pada proses pemasangan yang harus diperhatikan adalah tanda top,asal anda teliti yakin anda pasti bisa.setelah proses pemasangan rantai keteng selesai,cek setelan klep bila perlu stel klep.

Pemasangan rantai keteng yang tidak pas pada topnya menyebabkan mesin susah dihidupkan,kalaupun bisa hidup,motor akan mrepet/mrebet alias tidak normal.
parahnya lagi klep bisa bengkok.kalau ini terjadi anda harus merelakan uang untuk beli klep baru dan membayar ongkos bengkel.makanya pada proses pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan.jangan asal-asalan,ok kawan.

Demikianlah penjelasan sedikit dari saya,mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi ilmu bagi para pembaca.Amin

17 comments :

  1. terimahkasih atas infonya ok.....

    ReplyDelete
  2. kalo berat di kick stater penyebabnya karena kurang baiknya pemasangan keteng apakah ini pengaruh gan????

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pengaruh boz,kalo pemasangan keteng tidak benar motor jadi mbrebet itu kalau kurang semata gear,lebih parah lagi klep bisa bengkok.makanya harus benar2 pas,ok boz,...thanks dah mampir

      Delete
  3. Mantap niH..
    Yg pnya blog bengkel kah..hehe
    peace

    ReplyDelete
  4. Saya punya honda tiger lama.
    Kemarin mesinnya saya buka karena rantai ketengnya lepas. Yang jadi permasalahan, perbandingan putaran mesin atas dan bawah berbanding 1 dan 2 (satu kali putaran mesin atas = 2 kali putaran mesin bawah). Dengan demikian, pada saat magnet atau mesin bagian bawah berputar sebanyak 1 kali (360O), maka mesin atas atau gir atas hanya akan brputar 0.5 atau 1/2 putaran (180 derajat) sehingga dari posisi Top – top (Top untuk gir atas dan gir bawah/magnet juga dalam ke adaan top) akan berubah kedudukan menjadi bottom – top (bottom ut gir atas dan top untk magnet/gir bawah).
    Hal ini berarti Top bisa saja berpasangan dengan bottom.

    Mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang jelas ya bro,...gini lho...yang dinamakan top adalah seher bearada di TMA,kedua templar bebasklo anda memutar kruck as cuma 1x putaran,ya jlaslah yang terjadi seperti itu.ingat bro motor 4tak melakukan 2x putaran kruck as dan 4x langkah torak/piston dalam kerjanya.klo anda memutar 1x,torak baru melangkah 2x,dan posisi piston masih dibawah,mkanya buka busi dan lihat sudah diatas apa belum.cuma 2 kuncinya mas bro,..lihat piston harus diatas,kedua templar harus bebas.itu baru namanya top.

      Delete
  5. Untuk pmasangan keteng mesin gl , megapro,Tanda topnya gimana masbro, magnet pada tanda T, gigi timing noken possinya gimana???? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanda titik gigi timing lurus dengan coakan garis pada kop silinder,pokoknya tegak lurus,ingat bro mesin gl termasuk mesin tegak/berdiri,jadi tanda topnya ya berdiri tegak lurus,mudah2n paham ya,...

      Delete
  6. thank gan ilmunya bermangpangat bngt ane mau coba2 bongkar cz klep ane bocor...

    ReplyDelete
  7. Klo makaknet udh posisi top tpi kelep blm posisi bebas itu gmna cara ngepasinny

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Gan motor saya jupiter 2010,klo mesin dihidupkan tuh ada bunyi tik tik....smakin digas smakin bartambah bunyinya pa itu krna rantai keteng atau apa maslahnya trus solusinya gimana trim gan

    ReplyDelete
  10. mau nanya dong kl posisi tanda top pada gear suzuki spin disebelah mana ya

    ReplyDelete
  11. Om kalo mau pasang sprocket chamshaft ,yng jadi patokan tanda f apa t trus sproketnya posisinya gmn pada motor cs1,mohon bantuan?

    ReplyDelete
  12. kang saya mau tanya, motor saya suzuki smash nah lampunya ko redup ya, padahal aki, lampu, sama kiprok nya sudah di ganti, tapi ko masih redup kira kira apa penyebabnya?
    terimakasih

    ReplyDelete

komentar anda sangat berarti buat saya,ayo beri komentar yang membangun,thanks....!