Sistem Pengapian Sepeda Motor

Sistem Pengapian Sepeda Motor






Pengapian Sepeda Motor

Secara garis besar pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 yaitu :
1.Pengapian Konvensional atau Pengapian platina
2.Pengapian Elektrik atau Pengapian CDI
Pengapian Elektrik atau Pengapian CDI terbagi menjadi 2 yaitu :
1.Pengapian menggunakan Batray/Aki <DC>
2.Pengapian tanpa menggunakan Batray <AC>

Ok gan pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengecek pengapian sepeda motor.Seperti penjelasan saya diatas pengapian elektrik terbagi menjadi 2 yaitu pengapian menggunakan aki dan pengapian tanpa aki.
Pengapian Menggunakan Aki adalah sistem pengapian yang mengandalkan arus aki sebagai sumber api,secara pabrikan pengapian jenis ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya Spull Pengisian-Pulser-Kiprok-CDI-Coil-Busi.

Pengapian Tanpa Aki  adalah sistem pengapian yang yang mengandalkan Spull Pengapian sebagai sumber arus pengapian.komponennya terdiri dari : Spull Pengapian-Kiprok-CDI-Coil-Busi

Bagaimana gan, sudah jelas kan penjelasan diatas.Sekarang bayangkan seandainya motor anda mogok,apa yang harus anda lakukan.Jangan panik Bro,...Langkah pertama yang anda ambil cek bensinnya,jika ternyata full to masih ada,cek api busi,..jika tidak ada api berarti kerusakan motor anda ada pada Sistem Pengapian.
Berikut saya jelaskan langkah2 yang harus anda ambil untuk mengecek komponen pengapian mana yang rusak.


Pada Pengapian AC atau spull sebagai sumber arus ini lho...yang perlu anda cek.
SPULL-CDI-COIL-BUSI.Bagaimana cara mengeceknya,...? Anda baca saja artikel saya sebelumnya tentang 3 Sebab Mesin Sepeda Motor Tidak Menyala,disitu dijelaskan bagaimana cara mengecek komponen pengapian.

Pada Pengapian DC ini lho yang perlu anda cek:
Batray
Cek arus batray,pokoknya batray harus ada arus,biar kecil tidak masalah asalkan pengisian masih bagus lho,..

Spull Pengisian
Cara mengeceknya hampir sama dengan spull pengapian bedanya kalau spull pengisian ada 2 kabel dan spull pengapian cuma 1kabel. kabel spull pengisian biasanya berwarna kuning ambil 2potongan kabel,1tempelkan kemasa tekan kuat2,yang satunya tempelkan tapi mengambang,kemudian kick starter.lihat ada api tidak,...!
Kalau kondisi Spull bagus harus ada api.

Kiprok
Mengapa kiprok perlu kita cek,jangan salah bro,...kiprok juga bagian penting dari pengapian jenis ini,tidak percaya,misal pada motor mio coba cabut cop ke kiprok dan hidupkan,sampai batray soak,...sampai kaki sakit tidak mungkin motor hidup,teslah brooo kalau tidak percaya.haaaa
Cara mengeceknya,cari kabel kiprok yang masuk ke CDI,tempelkan kemassa,kalau tidak ada api jelas kiproknya rusak,kiprok bagus kalau kabel tadi ada api.

CDI
Mengecek CDI jenis DC sama dengan jenis AC,Tinggal cabut kabel yang masuk ke Coil,tempelkan massa kemudian jegleg,lihat ada api CDI bagus,tidak ada api CDI rusak.

COIL
Mengecek Coil tinggal cabut kabel Coil tempel massa,jegleg,...ada api Coil bagus.

BUSI
Lepas busi masukkan ke cop busi tempel kemassa,Kick Starter,ada api busi bagus


Demikian Bro,...Penjelasan sedikit dari saya,pingin banyak datang saja kerumahku,haaaaa
Mudah2an bermanfaat,ada salahnya minta maaf bangeeeeet,...!

20 comments :

  1. info yang sangat membantu gan terima kasih...
    silahkan mampir di http://sehatpintarcantik.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama sama,makasih dah mampir,...!

      Delete
    2. bang supra ane pengapian nya ga mao di tempel ke busi padahal mah kalo di tempel ke head atau ke besi manapun ada pengapian nya

      Delete
  2. Bermanfaat banget , gan..thanks.

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat banget , gan..thanks.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Saya pengen merubah all pengapian sepeda motor saya.. komponen apa saja ya bang yang harus saya ganti.. *sepedamotor megapro new* intinya pengen tak upgrade semua.. trims

    ReplyDelete
  6. Saya pengen merubah all pengapian sepeda motor saya.. komponen apa saja ya bang yang harus saya ganti.. *sepedamotor megapro new* intinya pengen tak upgrade semua.. trims

    ReplyDelete
  7. Bgaimana lw pengapian dari coil i2 terbagi2..? Lw tw tolong ta.ya' z di nmr q
    082399015222

    ReplyDelete
  8. bagaimana cara pasang pengapian yang hanya pakai spul,cdi, dan koil pada satria 120.mohon solusinya.

    ReplyDelete
  9. Terima Kasih kang bro...... Atas penjelasannya.

    ReplyDelete
  10. Terima Kasih kang bro...... Atas penjelasannya.

    ReplyDelete
  11. Tuan master, sy Ikutan belajar juga aah.. Gimana caranya pasang jalur kabel smash dari spull+kiprok(punya ogun)+cdi+koil+busi? Dlm kondisi tanpa aki dan tanpa kontak starter.
    Harap Maklum n trims

    ReplyDelete
  12. kabel dari kiprok yg dicek warna apa ya?

    ReplyDelete
  13. gan jika coil itu di pasang langsung dari listrik gimana gan caranya?

    ReplyDelete
  14. Pagi bang
    Mau nanya bang motor Mio pengapiannya hilang saya udah ganti CDI dan cuilnya Napa ya masih gak ada pengapian yg keluar???

    ReplyDelete
  15. Mau tanya ni knpa cdi dc motor saya panas. Mtor saya tanpa aki tapi di pasang stabilator tegangan . Kok panas ya.

    ReplyDelete
  16. Pada sistem pengapian dgn spul
    Apakah spul berhubungan dgn kontak
    Atau hanya cdi yg berhubungan dgn kontak (on/of)

    ReplyDelete

komentar anda sangat berarti buat saya,ayo beri komentar yang membangun,thanks....!