3 Sebab Mesin Sepeda Motor Tidak Menyala

3 Sebab Mesin Sepeda Motor Tidak Menyala

SEPEDA MOTOR
Pada dasarnya mesin sepeda motor dapat menyala karena 3 hal,apa sajakah itu:
Ok teman-teman kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan anda,3 hal itu adalah :

1.KOMPRESI
Biar bensin full sekalipun,atau busi baru sekalipun tanpa adanya kompresi sudah jelas dan pasti mesin sepeda motor tidak akan bisa menyala.kenapa.....? y karena kompresi itu bagian penting dalam penyalaan mesin.
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara yang mudah untuk mengetes kompresi.

a.langkah pertama yang kita lakukan adalah buka busi,...eit,... sebenarnya ada ceh alat untuk mengetes kompresi,tapi ribet and kebanyakan mekanik jarang menggunakannya.kali ini kita bahas yang manual saja,Ok bro....!
setelah busi dilepas kita sumbat/tutup lubang busi tadi dengan jari tangan kita,yah supaya kita bisa merasakan ada enggaknya kompresi,...

b.langkah selanjutnya adalah kita start/engkol sekuatnya berulang-ulang
Seandainya kita merasakan tidak adanya kompresi,tenang bro,....kita bisa menambahkan sedikit oli melalui lubang busi,kemudian kita engkol terus menerus sampai ada kompresi.ok bro....!

Sebab Kompresi Hilang ada 2 :
a.klep bocor
kalau klep bocor sudah barang tentu kompresi hilang,cara menanganinya,yah...kita harus sekir /skur ulang .

b.Piston / Seher and Ringnya Aus
masalah ini kita tidak bisa otak-atik lagi bro,jalan satu-satunya ya harus ganti,kalau istilah bengkel di oversize,itupun kalau masih bisa,ada juga yang ganti bloknya sekalian tergantung mesin motor apa yang anda tangani.
2.BAHAN BAKAR
Setelah kita mengecek kompresi,kita pastikan apakah ada bensinnya atau tidak,apa sajakah yang perlu kita cek dari sistem bahan bakar ini :

a.Slang Bensin and Filter Bensin
biasanya ceh buntu karena kotor,pokoknya usahakan alirannya lancar,ok bro

b.Karburator
nah bagian inilah yang rumit dari sistem bahan bakar,tapi kalau anda bongkar dan perhatikan sebenarnya tidak sulit,penyakit yang sering terjadi pada karburator biasanya spuyer buntu/tersumbat dikarenakan bensin kotor atau air masuk ke karburator, cara penyelesainnya,yaaa...kita bongkar and bersihkan.

c.Filter Udara
yang sering terjadi buntu dan kotor,tinggal dibersihkan saja,gampang koq.

3.SISTEM PENGAPIAN
bicara pengapian,kita harus tau dulu jalurnya.Pada dasarnya pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 bagian : pengapian pake batray dan pengapian tanpa batray

Kali ini yang akan saya jelaskan adalah pengapian tanpa batray atau pengapian yang berpusat dari spull
ini jalurnya : SPULL _CDI _COIL_BUSI

a.SPULL
Cara mengeceknya gampang bro,cabut saja kabel yang masuk ke CDI,tempelkan masa kemudian start atau engkol,apa hasilnya.
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti bro

b.CDI
mengecek CDI sedikit rumit,kita harus benar2 memastikan apakah pulsernya macih ok atau tidak,karena pulser bagian penting dalam pengapian.kalau kita sudah yakin pulsernya ok,kita tinggal cabut saja kabel CDI yang masuk ke  COIL.tempelkan kemasa lalu start atau engkol,eit,....kunci kontak harus hidup bro.
apa hasilnya :
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti

c.COIL
mengeceknya gampang ,tinggal cabut saja kabel yang ke busi tempelkan masa terus start / engkol.ingat kunci kontak rus posisi ON,
Apa hasilnya:
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti,
Saya sarankan ,kalau ingin ganti komponen pengapian pakailah yang orisinil,karena bagian pengapian sangat rawan mati.

d.BUSI
mengecek busi tentulah teman-teman tahu,kita tinggal masukkan busi ke cop / kepala busi,tempelkan masa kemudian start,apa hasilnya : ada api = bagus dan tidak ada api = rusak and rus ganti

Ingat teman,itu urutan cara mengecek komponen pengapian,gampang kan.
Kalau ketiga sitem beres,dijamin sepeda motor anda pasti menyala,pkoknya saya jamin 100%lh,heeee,...
mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat teman-teman,ada kurang-kurangnya mohon maaf
Wassalam,....

24 comments :

  1. Blog agan bagus, sekedar saran, kenapa tidak gunakan google adsense gan? jika takut ditolak, kami punya jasa nih bisa dilihat disini : www.fatheredu.blogspot.com/2013/06/jasa-akun-google-adsense-yang-paling.html

    Proses kurang dari 24 Jam, agan udah memiliki akun google adsense sendiri. di jamin, ini merupakan layanan termurah di Indonesia. kalau agan tidak percaya, coba agan cari di Om Google "Jasa pembuat akun google adsense termurah di Indonesia"
    .oh ia, sekali lagi maaf gan, hanya saran. salam kenal juga gan

    ReplyDelete
  2. gimana gan bisa ga, ngutak ngatik pulser,, bisa di benerin apa harus di ganti aja, thank's

    ReplyDelete
  3. gimana gan bisa ga, ngutak ngatik pulser,, bisa di benerin apa harus di ganti aja, thank's

    ReplyDelete
  4. Motor gue gl pro 95 gan
    bensin ada
    kompresi ada
    busi keluar api
    karbu udah gue bongkar pasang pake carb cleaner bersih
    susah nyala kenapa ya? klo di engkol enteng banget
    kadang nyala, pas mati susah nyala hmm.... ada saran gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy mengalami hal sama masih blum beres. Stelan topnya mungkin kurang pas atau oil seal di belakang magnet diganti.
      Salam kenal.

      Delete
    2. Sy mengalami hal sama masih blum beres. Stelan topnya mungkin kurang pas atau oil seal di belakang magnet diganti.
      Salam kenal.

      Delete
  5. motor mio soul aku hilang api, klu ditunggu 10 menit kita hidupkan ulang kunci stang(stokengine) hidup lagi, gak lama padam lgi. gitu - gitu trus. mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu akinya tekor, coba dicas ulang atau diganti.

      Delete
  6. Gan ane mw tnya donk motor ane ketika di selah lampu pd nyala smua ketika ga di selah mati knpa y gan .
    Thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akinya itu gan ... Cek sikringnya ... Klau mash belum bisa aki mati cek kiprok (biasanya aki eror kiprok rusak)

      Delete
  7. Gan,motor ane mio soul. Masalahnya susah hidup. Api busi bagus,minyak full. Spuyer uda dibersihin. Aliran bensin stabil. Yg bikin bingung,dari kurang lebih 10x engkol paling 1x hidup n itu pun gk lama hanya bbrapa detik stelah nurunin gas (sprti habis minyak).

    ReplyDelete
  8. kalau saya pas d.engkol/stater bunyi sih tapi gak mau hidup2. kalu itu apa masalahnya gan. motor saya vega.r 2005 pas bungkat filter busanya emang hancur sih!!

    ReplyDelete
  9. Gan motor ane cb100 di engkol gak nyala . Tapi kalau di nyaliin dengan caravdi dorong nyala. Cek busi api nya ada itu apa ya penyebabnya

    ReplyDelete
  10. Kalau karbunya kaya letupan dikit ngluarin api gimana gan

    ReplyDelete
  11. Kalau karbunya kaya letupan dikit ngluarin api gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klep kmu bocor bro.. pada saat kompresi klep bocor itu yg membuat api menyambar sampai ke karbu.. di skir ulang bro sampai rapet tuh klep

      Delete
  12. Tlong dibantu gan !
    Mtor be2ku klw di stater mesin gk mau nyala(aki bagus),malah aki smpe tekor.tpi klo di engkol sekali lngsung nyala,kira2 apanya gan ?mhn pncrhany

    ReplyDelete
  13. Tolong di bantu gan !
    Motor shogun yg pertama/4tak tidak mau hidup kira" apnya yha itu ?

    ReplyDelete
  14. Bro speda saya gl 100 konpresi ada bensin ada busi nyala api trus karbu sudah saya bongkar trus kok susah nyala gimana lur ada solusinya gc tolong lur.

    ReplyDelete
  15. Gan motor ane kok gk mau nyala setelah di pasang cop busi, klau ane lepas cop businxa dr busi trus ane tempelkan kabelnxa nyala tuh motor, padahal hbis beli yg baru tuh cop busi. Mohon pencerahanxa ...

    ReplyDelete
  16. Motor saya gl 125 thn 82
    Masalah motor saya karbunya di tutup(cuf) dapet nyala kalo udah di buka ya matii
    Mohon sarannya

    ReplyDelete

komentar anda sangat berarti buat saya,ayo beri komentar yang membangun,thanks....!