SEPEDA MOTOR
Pada dasarnya mesin sepeda motor dapat menyala karena 3 hal,apa sajakah itu:
Ok teman-teman kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan anda,3 hal itu adalah :
1.KOMPRESI
Biar bensin full sekalipun,atau busi baru sekalipun tanpa adanya kompresi sudah jelas dan pasti mesin sepeda motor tidak akan bisa menyala.kenapa.....? y karena kompresi itu bagian penting dalam penyalaan mesin.
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara yang mudah untuk mengetes kompresi.
a.langkah pertama yang kita lakukan adalah buka busi,...eit,... sebenarnya ada ceh alat untuk mengetes kompresi,tapi ribet and kebanyakan mekanik jarang menggunakannya.kali ini kita bahas yang manual saja,Ok bro....!
setelah busi dilepas kita sumbat/tutup lubang busi tadi dengan jari tangan kita,yah supaya kita bisa merasakan ada enggaknya kompresi,...
b.langkah selanjutnya adalah kita start/engkol sekuatnya berulang-ulang
Seandainya kita merasakan tidak adanya kompresi,tenang bro,....kita bisa menambahkan sedikit oli melalui lubang busi,kemudian kita engkol terus menerus sampai ada kompresi.ok bro....!
Sebab Kompresi Hilang ada 2 :
a.klep bocor
kalau klep bocor sudah barang tentu kompresi hilang,cara menanganinya,yah...kita harus sekir /skur ulang .
b.Piston / Seher and Ringnya Aus
masalah ini kita tidak bisa otak-atik lagi bro,jalan satu-satunya ya harus ganti,kalau istilah bengkel di oversize,itupun kalau masih bisa,ada juga yang ganti bloknya sekalian tergantung mesin motor apa yang anda tangani.
2.BAHAN BAKAR
Setelah kita mengecek kompresi,kita pastikan apakah ada bensinnya atau tidak,apa sajakah yang perlu kita cek dari sistem bahan bakar ini :
a.Slang Bensin and Filter Bensin
biasanya ceh buntu karena kotor,pokoknya usahakan alirannya lancar,ok bro
b.Karburator
nah bagian inilah yang rumit dari sistem bahan bakar,tapi kalau anda bongkar dan perhatikan sebenarnya tidak sulit,penyakit yang sering terjadi pada karburator biasanya spuyer buntu/tersumbat dikarenakan bensin kotor atau air masuk ke karburator, cara penyelesainnya,yaaa...kita bongkar and bersihkan.
c.Filter Udara
yang sering terjadi buntu dan kotor,tinggal dibersihkan saja,gampang koq.
3.SISTEM PENGAPIAN
bicara pengapian,kita harus tau dulu jalurnya.Pada dasarnya pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 bagian : pengapian pake batray dan pengapian tanpa batray
Kali ini yang akan saya jelaskan adalah pengapian tanpa batray atau pengapian yang berpusat dari spull
ini jalurnya : SPULL _CDI _COIL_BUSI
a.SPULL
Cara mengeceknya gampang bro,cabut saja kabel yang masuk ke CDI,tempelkan masa kemudian start atau engkol,apa hasilnya.
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti bro
b.CDI
mengecek CDI sedikit rumit,kita harus benar2 memastikan apakah pulsernya macih ok atau tidak,karena pulser bagian penting dalam pengapian.kalau kita sudah yakin pulsernya ok,kita tinggal cabut saja kabel CDI yang masuk ke COIL.tempelkan kemasa lalu start atau engkol,eit,....kunci kontak harus hidup bro.
apa hasilnya :
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti
c.COIL
mengeceknya gampang ,tinggal cabut saja kabel yang ke busi tempelkan masa terus start / engkol.ingat kunci kontak rus posisi ON,
Apa hasilnya:
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti,
Saya sarankan ,kalau ingin ganti komponen pengapian pakailah yang orisinil,karena bagian pengapian sangat rawan mati.
d.BUSI
mengecek busi tentulah teman-teman tahu,kita tinggal masukkan busi ke cop / kepala busi,tempelkan masa kemudian start,apa hasilnya : ada api = bagus dan tidak ada api = rusak and rus ganti
Ingat teman,itu urutan cara mengecek komponen pengapian,gampang kan.
Kalau ketiga sitem beres,dijamin sepeda motor anda pasti menyala,pkoknya saya jamin 100%lh,heeee,...
mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat teman-teman,ada kurang-kurangnya mohon maaf
Wassalam,....
Pada dasarnya mesin sepeda motor dapat menyala karena 3 hal,apa sajakah itu:
Ok teman-teman kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan anda,3 hal itu adalah :
1.KOMPRESI
Biar bensin full sekalipun,atau busi baru sekalipun tanpa adanya kompresi sudah jelas dan pasti mesin sepeda motor tidak akan bisa menyala.kenapa.....? y karena kompresi itu bagian penting dalam penyalaan mesin.
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara yang mudah untuk mengetes kompresi.
a.langkah pertama yang kita lakukan adalah buka busi,...eit,... sebenarnya ada ceh alat untuk mengetes kompresi,tapi ribet and kebanyakan mekanik jarang menggunakannya.kali ini kita bahas yang manual saja,Ok bro....!
setelah busi dilepas kita sumbat/tutup lubang busi tadi dengan jari tangan kita,yah supaya kita bisa merasakan ada enggaknya kompresi,...
b.langkah selanjutnya adalah kita start/engkol sekuatnya berulang-ulang
Seandainya kita merasakan tidak adanya kompresi,tenang bro,....kita bisa menambahkan sedikit oli melalui lubang busi,kemudian kita engkol terus menerus sampai ada kompresi.ok bro....!
Sebab Kompresi Hilang ada 2 :
a.klep bocor
kalau klep bocor sudah barang tentu kompresi hilang,cara menanganinya,yah...kita harus sekir /skur ulang .
b.Piston / Seher and Ringnya Aus
masalah ini kita tidak bisa otak-atik lagi bro,jalan satu-satunya ya harus ganti,kalau istilah bengkel di oversize,itupun kalau masih bisa,ada juga yang ganti bloknya sekalian tergantung mesin motor apa yang anda tangani.
2.BAHAN BAKAR
Setelah kita mengecek kompresi,kita pastikan apakah ada bensinnya atau tidak,apa sajakah yang perlu kita cek dari sistem bahan bakar ini :
a.Slang Bensin and Filter Bensin
biasanya ceh buntu karena kotor,pokoknya usahakan alirannya lancar,ok bro
b.Karburator
nah bagian inilah yang rumit dari sistem bahan bakar,tapi kalau anda bongkar dan perhatikan sebenarnya tidak sulit,penyakit yang sering terjadi pada karburator biasanya spuyer buntu/tersumbat dikarenakan bensin kotor atau air masuk ke karburator, cara penyelesainnya,yaaa...kita bongkar and bersihkan.
c.Filter Udara
yang sering terjadi buntu dan kotor,tinggal dibersihkan saja,gampang koq.
3.SISTEM PENGAPIAN
bicara pengapian,kita harus tau dulu jalurnya.Pada dasarnya pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 bagian : pengapian pake batray dan pengapian tanpa batray
Kali ini yang akan saya jelaskan adalah pengapian tanpa batray atau pengapian yang berpusat dari spull
ini jalurnya : SPULL _CDI _COIL_BUSI
a.SPULL
Cara mengeceknya gampang bro,cabut saja kabel yang masuk ke CDI,tempelkan masa kemudian start atau engkol,apa hasilnya.
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti bro
b.CDI
mengecek CDI sedikit rumit,kita harus benar2 memastikan apakah pulsernya macih ok atau tidak,karena pulser bagian penting dalam pengapian.kalau kita sudah yakin pulsernya ok,kita tinggal cabut saja kabel CDI yang masuk ke COIL.tempelkan kemasa lalu start atau engkol,eit,....kunci kontak harus hidup bro.
apa hasilnya :
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti
c.COIL
mengeceknya gampang ,tinggal cabut saja kabel yang ke busi tempelkan masa terus start / engkol.ingat kunci kontak rus posisi ON,
Apa hasilnya:
-Ada api = bagus
-Tidak ada api = rusak and harus ganti,
Saya sarankan ,kalau ingin ganti komponen pengapian pakailah yang orisinil,karena bagian pengapian sangat rawan mati.
d.BUSI
mengecek busi tentulah teman-teman tahu,kita tinggal masukkan busi ke cop / kepala busi,tempelkan masa kemudian start,apa hasilnya : ada api = bagus dan tidak ada api = rusak and rus ganti
Ingat teman,itu urutan cara mengecek komponen pengapian,gampang kan.
Kalau ketiga sitem beres,dijamin sepeda motor anda pasti menyala,pkoknya saya jamin 100%lh,heeee,...
mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat teman-teman,ada kurang-kurangnya mohon maaf
Wassalam,....
Blog agan bagus, sekedar saran, kenapa tidak gunakan google adsense gan? jika takut ditolak, kami punya jasa nih bisa dilihat disini : www.fatheredu.blogspot.com/2013/06/jasa-akun-google-adsense-yang-paling.html
ReplyDeleteProses kurang dari 24 Jam, agan udah memiliki akun google adsense sendiri. di jamin, ini merupakan layanan termurah di Indonesia. kalau agan tidak percaya, coba agan cari di Om Google "Jasa pembuat akun google adsense termurah di Indonesia"
.oh ia, sekali lagi maaf gan, hanya saran. salam kenal juga gan
thanks gan,tas sarannya.
Deletegimana gan bisa ga, ngutak ngatik pulser,, bisa di benerin apa harus di ganti aja, thank's
ReplyDeletegimana gan bisa ga, ngutak ngatik pulser,, bisa di benerin apa harus di ganti aja, thank's
ReplyDeleteMotor gue gl pro 95 gan
ReplyDeletebensin ada
kompresi ada
busi keluar api
karbu udah gue bongkar pasang pake carb cleaner bersih
susah nyala kenapa ya? klo di engkol enteng banget
kadang nyala, pas mati susah nyala hmm.... ada saran gan???
Sy mengalami hal sama masih blum beres. Stelan topnya mungkin kurang pas atau oil seal di belakang magnet diganti.
DeleteSalam kenal.
Sy mengalami hal sama masih blum beres. Stelan topnya mungkin kurang pas atau oil seal di belakang magnet diganti.
DeleteSalam kenal.
Terimakasih gan, ilmu nya, bermanfaat sekali, krn saya awam. Sekarang jadi tahu..
DeleteSaya punya satri fu gan sitrum ada bahan bakar normal gan dari apanya gan
Deletemotor mio soul aku hilang api, klu ditunggu 10 menit kita hidupkan ulang kunci stang(stokengine) hidup lagi, gak lama padam lgi. gitu - gitu trus. mohon dibantu
ReplyDeleteItu akinya tekor, coba dicas ulang atau diganti.
DeleteSok tau aki tekor
DeleteSok tau aki tekor
DeleteGan ane mw tnya donk motor ane ketika di selah lampu pd nyala smua ketika ga di selah mati knpa y gan .
ReplyDeleteThank
Akinya itu gan ... Cek sikringnya ... Klau mash belum bisa aki mati cek kiprok (biasanya aki eror kiprok rusak)
DeleteGan,motor ane mio soul. Masalahnya susah hidup. Api busi bagus,minyak full. Spuyer uda dibersihin. Aliran bensin stabil. Yg bikin bingung,dari kurang lebih 10x engkol paling 1x hidup n itu pun gk lama hanya bbrapa detik stelah nurunin gas (sprti habis minyak).
ReplyDeleteKaya masalah saya
Deletekalau saya pas d.engkol/stater bunyi sih tapi gak mau hidup2. kalu itu apa masalahnya gan. motor saya vega.r 2005 pas bungkat filter busanya emang hancur sih!!
ReplyDeleteGan motor ane cb100 di engkol gak nyala . Tapi kalau di nyaliin dengan caravdi dorong nyala. Cek busi api nya ada itu apa ya penyebabnya
ReplyDeleteKalau karbunya kaya letupan dikit ngluarin api gimana gan
ReplyDeleteKalau karbunya kaya letupan dikit ngluarin api gimana gan
ReplyDeleteKlep kmu bocor bro.. pada saat kompresi klep bocor itu yg membuat api menyambar sampai ke karbu.. di skir ulang bro sampai rapet tuh klep
DeleteTlong dibantu gan !
ReplyDeleteMtor be2ku klw di stater mesin gk mau nyala(aki bagus),malah aki smpe tekor.tpi klo di engkol sekali lngsung nyala,kira2 apanya gan ?mhn pncrhany
Tolong di bantu gan !
ReplyDeleteMotor shogun yg pertama/4tak tidak mau hidup kira" apnya yha itu ?
Bro speda saya gl 100 konpresi ada bensin ada busi nyala api trus karbu sudah saya bongkar trus kok susah nyala gimana lur ada solusinya gc tolong lur.
ReplyDeleteGan motor ane kok gk mau nyala setelah di pasang cop busi, klau ane lepas cop businxa dr busi trus ane tempelkan kabelnxa nyala tuh motor, padahal hbis beli yg baru tuh cop busi. Mohon pencerahanxa ...
ReplyDeleteMotor saya gl 125 thn 82
ReplyDeleteMasalah motor saya karbunya di tutup(cuf) dapet nyala kalo udah di buka ya matii
Mohon sarannya
Motor xeon saya batrenya cepat habis dan kenapa saat batrenya habis kalau diengkol tidak bisa hidup itu masalanya apa?
ReplyDeleteOh motor lu pake batre?kaya tamiya
DeleteMasalah yg sama pada mx lama tanpa aki gx mau hudup
ReplyDeleteMasalah yg sama pada mx lama tanpa aki gx mau hudup
ReplyDeleteCoba bantu ane gan motor saya new megapro 150 kompresi ok.pengapian oke tapi g mau nyala setelah disela beberapa kali trus dibuka busi disela kmbali tanpa pasang busii nyembur bensin dari lubang businya bnyk bnget padahal sebelum dibuka cuma 5 kli disela tpi kok langsung bnyak bnget nyembur bnsin dari lbang busi
ReplyDeletenumpang nanya,,motor ane byson pas sebelum ane ganti busi masih nyala tp setelah ane ganti busi yg baru knp jd gk hidup ya pd hal busi baru dan pengapian nya jg bagus,,tolong saran nya gan..
ReplyDeleteNumpang nanya bos
ReplyDeleteMotor anae shogun fD110
Keluhanya aneh
Kalo di starter/kick kadang nyala,kadang gakmau nyala
Busi dah tak ganti oke,
Gambaran masalah saya gini
-Jam 5 pagi saya nyalakan dan sudah buat keliling kota ON
- jam 10 an pagi tak nyalain susah nyala berkali kali saya kick gak mau nyala,kadang bisa nyalanya kalo kabel dari busi ke koil nya saya tarik2
Intinya kadang hidup kadang mati
Saya sudah bawa ke bemgkel ,si bengkel juga bingung soalnya posisi saya bawa ke bengkel kondisi motor nyala gak mau mati
Mohon pencerahanya kira2 kerusakan di pihak mana?
Terimakasih
Ini pertanyaan atau cerpen sih?
DeleteSalam bro maaf mau tanya nih seharian sy abis ngoprek motor kesayangan mio sporty setelah bersihin karbu sy pasang lg hasilnya cespleng langsung nyala dan sdh di cobain berulang ulang tp setelah di matiin yg terakhir kalinya karena sy tinggal buka cvt karena ganti roller dan vanbel dan setelah beres mau dinyalain lg kok malah gak nyala setelah di cek pengapian ternyata busi gak ada apinya lampu di rpm jg gak nyala kira2 apa mas bro, sekian dan terima kasih mohon penjelasannya
ReplyDeleteSekringnya putus itu gan :v
DeleteSekringnya putus itu gan :v
DeleteNih gan kalo motor yamaha jupiter 2006 saya
ReplyDeletePas di nyalain pake dinamo stater gak bisa sebelu di isi bensi bisa gan (sebelum mogok)
Pas di engkel susah nyala bener bener susah gan
Itu kenapa yaaa
Masalahnya pas itu juga lagi abis bensi gan di jalan trs mogok pas di isi malah gak bisa
Ada saran gan ???? Kalo ada yang bisa kasih saran bener bener beruntung ane gan
gan motor ane satria fu,, mesin mati, trus ane dah ganti seher+ring nya, rantai keteng, klep dah ganti juga, dah di sekur juga, karbu ganti juga, pengapian bagus, tapi motor tetep ga mau nyala,
ReplyDeletePermisi Gan motor saya spcy abis di lemer tapi gak bisa hidup,posisi keadaan mesin sudah top semua gan,api nya ada,bensin lancar,tolong di bantu ya gan
ReplyDeletegan saya punya motor gl pro neotech setelah turun mesin masih ga bisa nyala
ReplyDeletepadahal
klep sudah di ganti beserta siting nya,dan sudah juga di sekur,dan sudah di cek tidak ada bocor
kompresi ok,karena sudah di kolter
pengapian di busi juga bagus,api dari busi masih berwarna biru
tp mesin masih tidak menyala dan,kadang2 di karbu suka meledak keluar api
tolong gan,bagi yang pernah mengalami mohon share...
Motor mio saya tidak mau di gas.salah pasang piston pngaruh nggk?
ReplyDeleteLam kenal om., mo nanya., mio aku cmn gara2 ganti air screw, skrg ko jd susah hidup & bbm boros. Langsam'ny jg susah om. Mohon penjelasan'ny
ReplyDeleteMotor beat karbu ane gak mau hidupp gan knapA skir klep udh
ReplyDeletegan mau minta saran nih , motor saya susah hidup kalo udah didiemin 1 malam tapi kalo udah nyala nih dengan berjuang bekali kali diselah nyala sih nah tapi pas mati misalkan saya nyalain lagi satu selahan langsung nyala , itu kenapa ya? terus kalo enak enaknya jalan tibatiba dijalan suka blep blepan motor kaya yg mau abis bensin itu kenapa ya? minta saran dong
ReplyDeleteBensin gak turun mas. Coba cek karbu spuyernya siapa tau ada kotoran jadi mampet dan menyebabkan bensin tdk ngalir scra beraturan
DeleteJika motor mati apa masalah nya ya. Soal bensin nya lancar busi baru. Setelanh di engkol hdup sebentar. Setelah mati mendadak .di engkol lagi .malah tau gak mau hdup .pusing apa masalah nya ada tau apa yg rusak
ReplyDeleteKenapa motor saya nda me bunyi stelah saya ganti paking bloknya motor saya motor trs Suzuki 2 tak
ReplyDeleteKenapa waktu diengkolkarbu motor saya bukannya ngisap tapi malah nyembur keluar anginnya dari karbu? Padahal kompresi ada, listrik juga normal
ReplyDeleteTolong di bantu gan .
ReplyDeleteMtor ane revo lamak .
Jalan tiba2 mati gan .
Trus di start kaki gak mau hdup. Klo di start dorong hidup gan . Itu kanpa ya gan . Tolong di bantu gan
Motor saya KLX tahun 2013.
ReplyDeleteAki aman,
Busi aman,
Bensin ada,
Sekring aman,
Kelistrikan, lampu, Klakson, aman,
Tp distarter gak mau hidup juga. Diengkol terasa agak berat. Padahal paginya bisa hidup aja.
Apakah kira2 masalahnya sama seperti artikel di atas. Mohon pencerahannya, gan. Dan kalo harus ganti SPULL or CDI, kira2 harus siap budget berapa?
Thanks
Tolong dibantu. Motor saya tiger 2006. Karburator baru, spul baru, pengapian mantap, bahan bakar mantap ,kompresi besar tapi mesinx ga mau hidup.
ReplyDeleteAssalamu'alaikum gan.. Motor saya distater mau hidup.. Tapi di engkol ndak mau hidup gan.. Apakh kira2 penyebabnya
ReplyDeleteTerima kasih atas informasinya semoga bermanfaat
ReplyDeleteTerima kasih atas informasinya semoga bermanfaat
ReplyDeleteMau tanya motor saya gl pro pengapian normal busi normal karburator normal klep udah tak stel lagi tapi tetep sulit nyala apanya ya om
ReplyDeleteGan mau tanya motor saya scorpio..motor fak mau nyala padahal kompresi ada,busi ada percikan api nya,karbu udah dbersihkan tpi tetep d engkol/dstarter g mau nyala gan ...masalahnya apa y gan mohon pencerahanya gan
ReplyDeleteMotor saya mio sporty kenapa pas cabut aki motor ga mau nyala koil ngga ada listriknya. Tapiklo pake aki normal?
ReplyDeleteMotor sya shogun 125 pnganpian bagus bhan bkar jg bagus dan topnya jg sdah bgus pyung klep jg bgus tpi gk bunyi..
ReplyDeleteMin tadi motor saya nyala terus lupa cabut kunci terus coba tak nyalain gakmau nyala solusinya gimana
ReplyDeleteBro motor rx gak mau hidup padahal pengapian nya Ada bisi baru...klo di engkol bunyi nembak" tpi gal mau hidup..?
ReplyDeleteBoy motor saya vario 2013 injeksi api besar kabel gk ada yg putus kaprensi kuwat..bensin lancar..tapi gk mau nyala pembakaran ada tapi kayak gak ada sambaran..mohon pencerahan nya wa.0895604954139 pusing mikiri penyebab nya
ReplyDeleteMohos solusi boy salam dari palembang ogan ilir
ReplyDeleteMotor sy rs s sudah bersikan kop tiba2 tidak mau bunyi.minta info bosq
ReplyDeleteSaya mau tanya apakah piston yang udah lama keluar oli dari kenalpot mempengaruhi tidak bisa hidup padahal pengapian hidup,kompresi lumayan ,bahan bakar lancar tapi tak nyala
ReplyDeleteSaya mau tanya kenapa setelah kita ganti klep/katup kok nggak bisa nyala.
ReplyDeleteDan karburator tidak mengisap ?
Motor ane mio di stater d'engkol gk mau nyala padahal busi abis di bersihkan dan pengapian ada , tolong minta penyebabnya dimna
ReplyDeleteGak bisa hidup tau peyebab gak klo panguk carbulator nya gak nyembur tapi setelah di bongkar carbulator nya terisi penuh bensinnya
ReplyDeleteTolong bantuannya
Maaf sya mau tanya om mtor sya wktu malam bsa nyala wktu d on . Setelah pagi kq d on gx mw nyala tu mtor .
ReplyDeleteMhon bantuan
Maaf om,saya punya motor mx semua sistem pengapian baru semua CDI COIL SPUL KIPROK BUSI,tetap tidak mau hidup,yg anehnya kolo motor didorong mau nyala motornya,mohon pencerahannya om.trmks
ReplyDeleteMaaf om,kn motor sya lagi sya bawa (dikendarai)tiba"mati hbs bnsinya trnya trs sya beli bnsin udh sya isi plh enggk nyala"posisi kontak on,trs sya pulang d step teman trs d rumah sya chek busi enggk ada apinya,d gnti cdi baru ttp enggk ada,mnta solusinya donk?
ReplyDeleteGan saya mau tanyak, cb saya kemarin baru gamti botol klep , trus sekarang motor nya gk mau hidup, sementara kompres dan api nya ada, mohon solusi nya om
ReplyDeleteBANG MAU NANYA..AKI MOTOBAT BARU BELI..KIPROK JUGA BARU ..TAPI SEPEDA GAMAU MENYALA..KIRA" APANYA YA
ReplyDeleteMotor Jupiter saya ngx mau hidup sudah saya periksa seperti yg anda sarankan,, tapi tetap aj ngx mau hidup mesin,,
ReplyDeleteSampe ganti busi baru jg tak bisa nyala
1xbet korean | Legalbet
ReplyDeleteThe deccasino sports betting operator, 1xbet, provides customers worrione with various games with virtual sports, 1xbet soccer and tennis betting. We also provide live streaming to